Tempat Wisata Menarik di Bali Untuk Liburan

Tari Barong Bali

Seni Tari Barong Bali

Tari Barong di Bali

Tari Barong di Bali

Tari Barong Bali merupakan salah satu ragam seni pertunjukan di Bali selain tari kecak Bali. Tarian tradisional Bali ini ditandai dengan topeng dan kostum yang dikenakan satu atau dua orang untuk menarikan Tari Barong Bali yang satu ini. Beberapa jenis Barong yang ada di Bali diantaranya Barong Bangkal, Barong Ket, Barong Macan, Barong Lembu, Barong Landung, Barong Kambing, Barong Kedingkling, Barong Gagombrangan, Barong Asu, barong Gajah, dan Barong Brutuk.

Masyarakat di Bali mempercayai makhluk-makhluk halus merupakan kaki tangan Ratu Gede Mecaling yang merupakan penguasa alam gaib Lautan Selatan Bali yang memiliki istana di Putra Dalem Ped, Nusa Penida. Pada suatu saat, seorang pendeta sakti menyarankan kepada masyarakat untuk membuat patung yang mirip dengan Ratu Gede Mecaling yang di ekspresikan lewat tari Barong Bali. Sosok Ratu tersebut tinggi besar, hitam dan memiliki taring. Patung yang mirip dengan Ratu Gede Mecaling tersebut diarak mengelilingi desa. Tipuan ini manjur karena makhluk halus ketakutan melihat tiruan bos mereka sehingga para makhluk halus ini menyingkir. Sampai sekarang, secara berkala masyarakat mengarak Barong Landung dengan tujuan untuk menangkal bencana. Hal in menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Bali.

Jenis-jenis Tari Barong Bali

1.   Tari Barong Brutuk

Ini merupakan jenis tarian langka yang dilakukan pada waktu tertentu. Bentuk dari Barong Brutuk ini lebih primitive dibandingkan jenis yang lain. Topeng terbuat dari batok kelapa dan untuk kostum terbuat dari dari keraras atau daun pisang yang sudah kering. Barong Brutuk melambangkan makhluk-makhluk suci atau para pengiring Ida Ratu Pancering Jagat yang beristana di Pura Pancering Jagat, Trunyan. Penarinya merupakan remaja yang telah disucikan, mereka membawa cambuk yang dimainkan sambil berlari mengelilingi pura. Tari ini diiringi gamelan Balaganjur atau Babonangan yang hanya terdapat di Trunyan Kintamani, Bali. Barong in merupakan salah satu wisata terkenal di Bali

2.   Tari Barong Ket

Sosok barong ini menyerupai manusia, menjulang tinggi dua kali badan manusia dewasa. Sosok laki-laki dinamakan Jero Gede sedangkan untuk sosok wanita bernama Jero Luh. Barong jenis Ket digunakan untuk mengelabui makhluk halus penebar bencana. Barong ini paling banyak terdapat di Bali dan sering dipentaskan dengan koleksi gerak tari paling lengkap. Bentuk Barong Ket merupakan perpaduan singa, macan, sapi, dan naga dengan dihiasi kulit berukiran rumit dan ratusan kaca cermin berukuran kecil bagai permata karena tampak berkilauan saat tertimpa cahaya. Bulu Barong Ket terbuat dari perasok dan ijuk. Atau dengan bulu gagak.

3.   Tari Barong Bangkal

Menyerupai babi dewasa, babi dewasa jantan bernama bangkal dan betina bernama bangkung. Biasanya dipentaskan dengan ngelelawang atau dari pintu ke pintu berkeliling desa saat perayaan hari Raya Galungan-Kuningan. Ditarikan dua orang penari dengan diiringi gamelan tetamburan.

4.   Tari Barong Macan

Menyerupai Macan dan merupakan salah satu jenis yang cukup terkenal di masyarakat Bali. Pementasannya Tari Barong Bali berjenis Barong Macan sama dengan jenis Barong Bangkal yang ngelawang berkeliling di desa. Ada kalanya pementasan dilengkapi dramatari seperti Arja yaitu opera tradisional Bali yang ditarikan dua penari dan diiringi musik gamelan Batel.

5.   Tari Barong Landung

Ada sebuah lubang di bagian perut Barong ini sebagai celah pandangan penari. Barong-barong tersebut diberi peran seperti Mantri atau raja, Galuh atau permaisuri, Limbur atau dayang, dan sebagainya. Musik pengiringnya gamelan Batel. Barong ini mirip dengan tarian khas Betawi, Ondel-ondel.

6.   Tari Barong Gajah

Jenis yang menyerupai gajah yang ditarikan dua orang. Termasuk jenis barong langka dan dikramatkan. Barong ini ditampilkan di waktu khusus dan secara ngelawang dengan iringan gamelan Batel atau Balaganjur, atau tetamburan.

Tari Barong di Bali merupakan salah satu hal yang menarik untuk di tonton jika anda berwisata ke Bali, dimana tetntu masih banyak lagi paket wisata yang anda dapat nikmati bersama keluarga, seperti wisata tanjung Benoa, Ubud dan yang tak kalah menarik yang menjadi trend baru saat ini adalah wisata rafting di Bali yang banyak diminati oleh para wisatwan.